Minggu, 31 Agustus 2008

Happy Ramadhan

Lagi punya cerita nih. Biasa, menjelang ramadhan akan selalu ada perbedaan dalam menentukan tanggal dimulainya ramadhan. Dari kubu Muhammadiyah dari jauh-jauh hari sudah mengumumkan kepada publik bahwa 1 Ramadhan 1429 H jatuh pada tanggal 1 September 2008. Adapun, kubu NU masih menunggu keputusan pemerintah yang sedianya akan diumumkan pada hari Minggu malam (31/8).

Nah, seperti biasa juga, setiap menjelang dimulainya ramadhan, saya setia melaksanakan tarawih. Hehehehe, padahal tidak pernah konsisten terus-terusan tarawih. Sampai saat ini prestasi terbaik yang bisa kulakukan adalah pada ramadhan tahun lalu (2007) dimana hampir setiap hari melaksanakan tarawih. Mungkin hanya dalam hitungan jari saja, saya tidak melaksanakannya. Namun, saya berusaha untuk turut serta. Soalnya, kalau bukan pas ramadhan kaya begini, mana ada yang namanya tarawih?

Sayang seribu sayang, ramadhan kali ini, hari pertama saya tidak dihiasi dengan tarawih. Padahal udah persiapan untuk berangkat ke musholla terdekat - yang, saya pun baru kali ini kesana, biasanya di masjid. Usai sholat Isya', sang imam memberitahukan kepada jama'ah agar menunggu kepastian dari pemerintah soal diberlakukannya awal dimulainya ramadhan. Waduh, batin saya, bukannya udah sama-sama sepakat tanggal 1 September besok ya? Kok, masih menunggu? Apakah pemerintah tak jua memberikan keputusan? Secara, kostan saya gak ada TV, jadi gak bisa update berita. Tapi, mendengar pemberitahuan seperti ini, membuat perasaan saya sedikit aneh, bagaimana hari pertama ramadhan yang berlalu tanpa melaksanakan tarawih.

Bukan apa-apa ya. Saya bukannya sok alim, atau bagaimana. Bahkan, temen saya, Pirdana suka mengolok-olok, kenapa sih kamu, absen satu hari aja. Soalnya, dia mau mengajak saya menonton MotoGP. Duh, jelas saja saya beralasan bahwa momen ramadhan ini harus tidak boleh saya lewatkan. Entah nantinya, apakah saya akan persisten dan konsisten melaksanakan tarawih, yang penting ketika saya ada kesempatan bisa, kenapa dilewatkan? Lagipula, saya hampir selalu tidak pernah melewatkan hari pertama seperti ini berlalu tanpa tarawih. Rasanya, kurang afdol.

Toh, pada akhirnya saya tidak jadi juga mengikuti tarawih. Walah-walah, mendengar pemberitahuan sang imam, akhirnya para jamaah berangsur pulang ke rumah menunggu pengumuman pemerintah. Begitu pula saya. Ketika sampai di kost, langsung dapet telpon dari ibunda yang mengabarkan di Durenan, Trenggalek sudah pada menggelar tarawih. Beliau sedikit mengeluh dengan banyaknya jajanan dari syukuran Megengan (diadakan setiap kali ramadhan menjelang) dimana tidak ada yang menghabiskan. Hehehehehe, terang saja, di rumah cuma ada ayah dan ibunda, sementara nasi berkat menumpuk sebanyak tiga belas buah. Kasihan..sementara saya di sini malah kelaparan. Hehehe, just kidding. Ya, kalau mau dilempar aja ke sini, biar ada yang menghabiskan.

Abis itu, saya berangkan ke gerai untuk memeriksa kondisi sekaligus mengecek pegawai yang ada. Ya, itung-itung sekalian up date berita di detik.com. Nah, ternyata tahun ini, barengan semuanya mulai tanggal 1 September 2008. So, I have to prepare to my early meal for moslem (alias sahurrrrr). Apa yahh? Enaknya beli nasi lalapan aja, trus ntar dimakan menjelang pagi. Males mau keluar. Di kostan baru ini, lokasi warung terdekat lumayan jauh. Mending masak sendiri sehhh. Apa mau dikata, rice cooker juga belum ada. Otre deh, yang penting prepare dululah. Meskipun udah biasa juga sebelum tidur, makan malam dulu (biasanya bakso Cak Nur - di kostan lama), lalu besoknya puasa.

Bagaimana ya ramadhan tahun ini? Banyak hal yang musti dibenahi, terkait mental, kepribadian, personal, karier, pendidikan, asmara, keluarga, pertemanan, kesehatan..Banyak PR yang harus jadi target, dan ramadhan adalah sebuah momen pas untuk membangkitkan semangat dan kesadaran diri. Semoga Allah memberikan berkah yang makin melimpah pada bulan ramadhan kali ini dan semoga juga saya masih dipertemukan olehNya untuk menikmati ramadhan tahun depan dan selanjutnya...

Overal, Happy Ramadhan yahhh.....:-)

1 komentar:

Anonimmengatakan...

Sama-sama, selamat menunaikan ibadah puasa..

Posting Komentar

 
© free template by Blogspot tutorial