Selasa, 02 September 2008

Kuliner di Bulan Puasa

Bulan Puasa kaya begini lumayan membingungkan soal makanan. Sebenarnya perut saya sendiri terhitung gampang banget menerima segala jenis makanan, mulai dari yang terhitung ekstrim dan jarang banget yang suka, seperti oseng-oseng pare, semur jengkol, hingga yang gampang banget bikin alergi, kaya bothok tawon, atau sayur kuah bandeng yang lumayan bikin bibir makin tebel. Tapi, saya juga bukan termasuk orang penyuka kuliner nan ekstrim banget - jadi inget ala Extreme Kuliner di Global TV yang makan daging ular, buaya, dan lain-lain - kalau itu mah bikin eneg gak karuan. Hih!!!

Bingungnya soal makanan adalah ketika mau sahur. Yups, di daerah kost saya sepertinya jarang banget warung yang buka pada waktu-waktu tersebut. Alhasil, saya harus membeli makanan pada malam sebelumnya dengan tujuan agar waktu sahur tidak usah lagi keluar hanya untuk makan. Males banget. Hehehe, terlebih pada jam segitu emang biasanya masih tidur pulas. Biasanya pacar saya rajin mengingatkan dan membangunkan agar saya segera makan sahur, tak lupa menyelipkan seuntai nasehat bahwa bersahur termasuk mendapatkan pahala sunnah. Sebenarnya sudah tahu sih, tapi kalau kondisinya tidak ada yang dimakan mau apa lagi.. Hehehehehe

Itulah yang terjadi, pada waktu sahur hari pertama saya. Malemnya, saya sudah bersiap-siap mau membeli nasi bungkus agar tidak usah keluar lagi waktu sahur. Tapi, karena sudah terlampau malam, banyak warung sudah pada tutup. Ada beberapa yang buka, namun tidak dengan menu yang saya harapkan. Walah, ya sudah. Akhirnya saya memilih balik ke kost dan berharap tengah malam akan ada yang jualan nasi goreng. Biasanya sih selalu ada. Namun, entah kenapa tengah malam tidak ada yang lewat. Baik penjual mie ayam (pangsit) ataupun bakso, tahu telor, ataupun nasi goreng. Wah-wah, hingga menjelang waktu sahur, saya tidak menemukan tanda-tanda kehidupan di luar kost. Waktu-waktu segitu yang biasanya diramaikan oleh anak-anak ronda, sama sekali tidak terdengar. Loh? Ini jadi puasa gak sih? Saya bingung.

Sempat terdengar orang berjalan. Tapi, dalam frekuensi amat sangat rendah. Hingga membuat saya berusaha meyakinka diri, mungkin kebanyakan pada males keluar rumah, memilih masak sendiri di rumahnya masing-masing lalu dinikmati bareng-bareng. Sementara, saya yang kost gimana? Di tengah kebingungan itu, akhirnya saya pun tidak jadi keluar kost untuk bersantap sahur. Untungnya (eh, masih untung ya?) saya masih punya sebotol air mineral nan segar. Akhirnya, itulah yang jadi pengganjal perut saya sebagai pengganti menu sahur. Alhamdulillah segar......Hehehehehe

Dan, paginya, saya tetap melakukan rutinitas kerja seperti biasa. Anehnya dan uniknya, seharian kerja itu sama sekali tidak berpengaruh terhadap ketahanan fisik saya yang hanya terisi air mineral doank. Kok begini ya? Biasanya, meskipun malamnya udah makan, pagi-pagi, si perut udah minta diisi. Tapi, kali ini berbeda. Apakah pengaruh dari niat puasa kita padaNya sehingga ketahanan fisik kita diperkuat dan ditambahi? Subhanallah...Bahkan, saya baru berbuka itu sekitar pukul 19.00 malam, nyaris telat mengikuti tarawih. Tapi, untunglah masih bisa ikut. Yaa, pada akhirnya, semenjak malam itu saya selalu membeli nasi bungkus dulu buat menu santap sahur di kost. Kecuali ada hal-hal yang membuat saya tidak beli. Katakanlah, begadang hingga memaksa saya untuk langsung sahur sekalian (kebiasaan ini sering saya lakukan pada waktu kuliah dulu).

Bagaimanapun, menu puasa tetap harus diperhatikan. Sebab saat berpuasa itu tubuh tetap membutuhkan gizi, hanya frekuensi makan yang berubah. Inilah yang perlu diseimbangkan. Harus banyak-banyak makan sayur dan buah - akhirnya, belakangan rajin beli - trus, minum susu - kalau yang ini belum - hehehehehe, yang penting jangan kebanyakan makan karbohidrat, biar tidak gampang mengantuk!!! Awas lo..yang ada bukannya malah semangat, tapi jadi males-malesan. Tubuh kekenyangan, dan berdampak pada asupan gizi pada otak yang melambat sehingga jadi tidak sehat. Padahal dengan puasa itu, kita mengistirahatkan perut kita untuk sementara, sehingga energi lebih banyak mengurusi otak kita. Hehehehe, dampaknya pikiran akan lebih jernih dan mampu berkonsentrasi. Benarkah? Silakan dibuktikan!!!

Hehehehehehehehe................

2 komentar:

Anonimmengatakan...

Ya.. itulah kekuatan sugesti mas...

Aku juga pernah mengalami hal yang mirip-mirip dengan mas, tapi karena suatu hal yang lain..

Aku cuman sahur dengan sebotol air, tapi kuat sampe berbuka! Tapi kayanya lebih hebat mas ya, soalnya mas beraktifitas. Kalo aku waktu itu cuman sekolah, abis itu pulang istirahat... :D

Abhiem mengatakan...

To : wisesasekai

Yupz, bener banget. Tapi, jangan diteruskan kebiasaan ini. Contoh yang buruk. Kita bersahur itu sudah dapat pahala, kalau tidak sahur berarti menyia-nyiakan pahala. Hehehehe..eman-eman dunk!!

Posting Komentar

 
© free template by Blogspot tutorial