Selasa, 25 November 2008

Nice Inspiration

Beberapa waktu lalu, sempet nonton film apik, bertema drama keluarga, judulnya The Savages. Pemerannya, Phillip Seymour Hoffman (aktor utama) dan Laura Linney (aktris utama). Filmnya berkisah tentang dua orang kakak beradik, Jon dan Wendy Savage yang berembug memikirkan bagaimana merawat ayah mereka yang sudah berusia lanjut. Wendy bersikukuh untuk merawat ayahnya sendiri di rumah dengan segala kesibukannya. Oya, hampir lupa. Wendy bekerja sebagai penulis drama lepas yang usianya sudah paruh baya. Dia lajang, dan sedang menjalani hubungan tidak sehat dengan tetangganya, seorang pria beristri. Ups...sounds usual, huh? Sementara, Jon, kakak kandung Wendy, seorang profesor ilmu filsafat yang mengajar satu perguruan tinggi tertentu. Dia juga masih lajang, dan masih menjalin hubungan dengan seorang kekasih. Sayang, tampaknya hubungannya kian memburuk.

Dua orang kakak beradik ini - disatukan oleh kondisi yang sama-sama terpuruk - membuat mereka akur untuk menentukan bagaimana cara merawat ayah mereka dengan sebaik-baiknya. Jon ingin agar dirawat panti jompo. Awalnya, Wendy menolak. Namun, pada akhirnya mereka sama-sama sepakat. Dan, sang ayah hanya tahu dia tinggal di sebuah hotel. Gosh, detik ini cukup mengharukan...Hingga kemudian, pada satu waktu (tentunya diselingi dengan pertengkaran antara Jon dan Wendy, kisah mereka berdua masing-masing dengan kekasihnya, suasana di panti jompo, dan lain sebagainya), sang ayah meninggal dengan tenang.

Ada beberapa hal yang bisa dipetik dari film ini:

1. Kerjasama yang baik antara kakak beradik ini dalam memutuskan bagaimana cara merawat ayah mereka sungguh sangat menginspirasi. Aku jadi membayangkan bagaimana seandainya berembug dengan kakakku untuk menentukan tentang ortuku. Hmmm....

2. Kegigihan Jon untuk meraih yang terbaik, walaupun tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Dia sudah mencoba untuk mengajukan beasiswa hingga 7 kali, meskipun tidak jua mendapatkannya.

3. Upaya Wendy untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik bagi orang tuanya, dan perjuangannya untuk menghibur sungguh mengagumkan. Duh, aku ngerasa apa yang kulakukan buat orang tuaku belum ada apa-apanya.

Oya, akting Laura Linney di film ini terlihat matang dan berkarakter kuat. Dia menampilkan emosi yang labil, meledak-ledak khas wanita paruh baya yang tidak yakin apa yang hendak ditujunya dalam hidup selain pengakuan dari orang terdekat. Tak heran, ia masuk nominator Oscar 2008 untuk kategori aktris utama terbaik. Sementara, Phillip Seymour Hoffman, like usual lah selalu bagus. Walaupun, menurutku dalam film ini, aktingnya cenderung tenggelam, dia masih menunjukkan aktingnya yang berkelas nan elegan. Pertama kali tahu aktor ini berakting luar biasa di film Capote, dan diganjar Oscar sebagai aktor utama terbaik. Wow....

Film-film yang patut ditonton lainnya, antara lain:
1. Juno
2. Atonement
3. Michael Clayton
4. Once
5. La Vie en Rose
6. The Sea Inside
7. Perempuan Punya Cerita

Lagi menunggu tayangnya film berikut ini:
1. Tiga Doa Tiga Cinta
2. Drupadi

Pengin nulis review film lainnya, masih males. Semoga besok tidak males..Hehehehehehehe

0 komentar:

Posting Komentar

 
© free template by Blogspot tutorial